Soal dan Pembahasan Tes Potensi Akademik SBMPTN 2017 (Kode 226)
Bimbel WIN:
Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat persiapan menghadapi ujian yang sebenarnya akan menjadi lebih terarah, lebih fokus dan lebih efektif.
Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan, rumus dan analisanya pada umunya sama.
Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah pernah keluar.
Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli Tes Potensi skolastik SBMPTN tahun 2017 (Kode 226) lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin... 🙏🙏
- Matematika Saintek -
💦Soal No.1
Jika saya ke kampus, saya akan bertemu Heru dan Joni. Hari ini saya ke kampus. Simpulan yang tepat adalah ...
- (A) Saya dan Heru bertemu Joni
- (B) Saya bertemu Heru karena Joni tidak ke kampus
- (C) Saya ke kampus untuk bertemu Heru dan Joni
- (D) Saya akan bertemu Heru dan Joni
- (E) Saya, Heru, dan Joni akan bertmeu di kampus
Pembahasan
Jika saya ke kampus -> sebab
Saya akan bertemu Heru dan Joni -> akibat
Pernyataan: Hari ini saya ke kampus
Jadi, jawaban yang tepat adalah D. Saya akan bertemu Heru dan Joni.
💥Kunci Jawaban : D
💦Soal No.2
- (A) Jika guru Matematika menambah jam pelajaran, nilai siswa banyak yang meningkat
- (B) Guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu jika siswa tidak mengikuti kegiatan ekstrakulikuler
- (C) Jika guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu, ekstrakurikuler ditiadakan
- (D) Siswa dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler jika guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu
- (E) Nilai siswa banyak yang meningkat jika tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
Pembahasan
Jika guru matematika menambah jam pelajaran di hari
rabu, nilai siswa banyak yang meningkat.
Jika nilai siswa banyak yang
meningkat, siswa dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
Simpulan: (D) siswa dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler jika guru matematika menambah jam pelajaran di hari rabu.
💥Kunci Jawaban : C
💦Soal No.3
- (A) Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat dan es di Kutub Utara tidak mencair
- (B) Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat tetapi es di Kutub Utara mencair
- (C) Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat atau es di Kutub Utara tidak mencair
- (D) Penggunaan gas freon di bumi meningkat tetapi es di Kutub Utara tidak mencair
- (E) Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat atau es di Kutub Utara mencair
Pembahasan
Jika penggunaan gas Freon di bumi meningkat, suhu
rata-rata permukaan bumi juga meningkat.
Jika es di Kutub Utara meningkat, rata-rata
permukaan air laut meningkat.
Pernyataan: Saat ini suhu rata-rata permukaan bumi
atau rata-rata permukaan air laut tidak meningkat.
Simpulan: (C) Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat atau es di Kutub Utara tidak mencair.
💥Kunci Jawaban : C
💦Soal No.4
- (A) Semua produk lokal adalah motor balap
- (B) Tidak ada produk lokal yang bukan
- (C) Tidak ada produk lokal yang merupakan motor balap
- (D) Ada sepeda motor lokal berkecepatan tinggi yang merupakan motor balap
- (E) Semua sepeda motor berkecepatan tinggi adalah motor balap
Pembahasan
Semua motor balap adalah sepeda
motor berkecepatan tinggi.
Tidak ada sepeda motor
berkecepatan tinggi merupakan produk lokal.
Simpulan: (C) Tidak ada produk lokal yang merupakan motor balap.
💥Kunci Jawaban : E
💦Soal No.5
- (A) Beberapa orang yang gigih bukan pegawai malas
- (B) Beberapa orang yang naik pangkat adalah pegawai yang malas
- (C) Tidak ada orang yang gigih mendapatkan kenaikan pangkat
- (D) Semua pegawai yang tidak naik pangkat adalah orang yang gigih
- (E) Tidak ada orang gigih yang merupakan pegawai malas
Pembahasan
Tidak ada pegawai malas yang mendapatkan kenaikan pangkat.
Beberapa orang yang mendapatkan
kenaikan pangkat adalah orang yang gigih.
Simpulan: (E) Tidak ada orang gigih yang merupakan pegawai malas.
💥Kunci Jawaban : E
💦Soal No.6
- (A) Semut : Gula
- (B) Harimau : Hutan
- (C) Tentara : Perang
- (D) Kerbau : Kandang
- (E) Burung : langit
Pembahasan
Narapidana : Penjara -> Tempat narapidana adalah
di penjara.
Jadi jawaban yang sesuai dengan perbandingan tersebut yaitu (B) Harimau : Hutan -> Tempat harimau adalah di hutan.
💥Kunci Jawaban : E
💦Soal No.7
- (A) Pemanis : Gula
- (B) Bensin : Mobil
- (C) Kompor : Api
- (D) Kalkulator : Angka
- (E) Batu Bara : Lokomotif
Pembahasan
Lampu : cahaya -> Lampu mengeluarkan cahaya.
Jadi jawaban yang sesuai dengan perbandingan
tersebut yaitu (C) Kompor : Api ->
Kompor mengeluarkan api.
💥Kunci Jawaban : E
💦Soal No.8
- (A) Tajam : Runcing
- (B) Lemas : Lesu
- (C) Aduk : Putar
- (D) Senang : Suka
- (E) Lentur : Kaku
Pembahasan
Laju : Henti -> laju (gerak) lawannya henti.
Jadi jawaban yang sesuai dengan perbandingan
tersebut yaitu (E) Lentur : Kaku
-> lentur lawannya kaku.
💥Kunci Jawaban : E
💦Soal No.9
- (A) Pernyataan (1) adalah penyebab dan pernyataan (2) adalah akibat
- (B) Pernyataan (2) adalah penyebab dan pernyataan (1) adalah akibat
- (C) Pernyataan (1) dan (2) adalah penyebab, namun tidak saling berhubungan
- (D) Pernyataan (1) dan (2) adalah akibat dari dua penyebab yang tidak saling berhubungan
- (E) Pernyataan (1) dan (2) adalah akibat dari suatu penyebab yang sama
Pembahasan
Penyebab: Telepon pintar merk Y tidak laku.
Akibatnya pernyataan (1) dan (2)
Jadi, (E) Pernyataan (1) dan (2) adalah akibat dari suatu penyebab yang sama.
💥Kunci Jawaban : A
💦Soal No.10
- (A) Pernyataan (1) adalah penyebab dan pernyataan (2) adalah akibat
- (B) Pernyataan (2) adalah penyebab dan pernyataan (1) adalah akibat
- (C) Pernyataan (1) dan (2) adalah penyebab, namun tidak saling berhubungan
- (D) Pernyataan (1) dan (2) adalah akibat dari dua penyebab yang tidak saling berhubungan
- (E) Pernyataan (1) dan (2) adalah akibat dari suatu penyebab yang sama
Pembahasan
Angka kematian ibu akibat kehamilan usia muda masih
tergolong tinggi yang mengakibatkan
pemerintah mengkaji ulang peraturan perundangan yang mengatur batasan minimal
usia menikah.
Jadi jawabannya (A) Pernyataan (1) merupakan penyebab dari pernyataan (2).
💥Kunci Jawaban : A
💦Soal No.11
- (A) Parta dan Qori
- (B) Qori dan Reza
- (C) Parta dan Reza
- (D) Qori dan Tina
- (E) Reza dan Tina
Pembahasan
Qori, satya, tina
= juara kelas
Parta, qori, reza = medali olahraga
Parta, reza, tina = penghargaan aktif organisasi
Siswa berprestasi -> menjadi juara kelas dan berprestasi dalam olahraga atau organisasi. Siswa yang berhak dapat predikat siswa berprestasi yaitu (D) Qori dan tina.
💥Kunci Jawaban : D
💦Soal No.12
- (A) 4 dan 8
- (B) 5 dan 6
- (C) 6 dan 7
- (D) 4 dan 7
- (E) 4 dan 6
Pembahasan
Berdasarkan ilustrasi soal, tergambar
posisi kamar asrama sebagai berikut.
Kamar: 1,
2, 3, 4
Ardi, Budi, Ruli, …
Kamar: 5,
6, 7, 8
Dedi, … , Bima, Abdi
Jadi, kamar yang kosong bernomor (E) 4 dan 6.
💥Kunci Jawaban : E
💦Soal No.13
- (A) Atom dan Delta
- (B) Barni dan Cleo
- (C) Delta dan Atom
- (D) Delta dan Cleo
- (E) Delta dan Ero
Pembahasan
1 Barni
2 Delta
3 Atom
4 Cleo
5 Ero
Kuda yang finis pada urutan ke-2 dan ke-4 adalah (D) Delta dan Cleo.
💥Kunci Jawaban : D
💦Soal No.14
- (A) J, L, N, Q
- (B) L, M, N, Q
- (C) L, M, P, Q
- (D) J, L, P, Q
- (E) J, M, N, Q
Pembahasan
J, K, L,
M, N, O, P, Q, R -> (tanda
merah: seorang siswa tidak ingin memilih topik tersebut)
L, M, O = harus salah satu
N, J = harus dipilih bersamaan
P, K = harus bersama O
Q dan L = harus besama
Jadi, topik makalah yang dapat dikerjakan adalah (A) J, L, N, Q.
💥Kunci Jawaban : A
💦Soal No.15
- (A) E, H, M, N
- (B) E, J, L, N
- (C) F, G, H, N
- (D) F, H, J, M
- (E) G, J, M, N
Pembahasan
E, F, G = Sedan
H, I,
J, K = Truk
L, M,
N = Minibus
Keterangan:
Hijau = Produk Impor
Hitam = Produk Lokal
1.
E/I/K/M (pilih 1
produk impor)
2.
F/G (E tidak
dipilih)
3.
M (H/J harus
dipilih)
4.
H/J = F/G
Truk lokal: H/J, sedan impor: E ->2
jenis mobil tersebut harus ada.
Jika kolektor ingin memilih truk lokal dan sedan impor, keempat jenis mobil yang mungkin dipilih adalah (B) E, J, L, N.
💥Kunci Jawaban : B
💦Soal No.16
- (A) 68
- (B) 95
- (C) 102
- (D) 122
- (E) 132
💦Soal No.17
- (A) 31
- (B) 34
- (C) 38
- (D) 61
- (E) 64
💦Soal No.18
- (A) 9
- (B) 12
- (C) 18
- (D) 39
- (E) 108
💦Soal No.19
- (A) 12
- (B) 16
- (C) 22
- (D) 24
- (E) 48
💦Soal No.20
- (A) 2
- (B) 4
- (C) 6
- (D) 8
- (E) 10
💦Soal No.21
- (A) -8
- (B) -4
- (C) -2
- (D) 2
- (E) 8
Pembahasan
2ab – 6a = 4
2ab – 3 . 2a = 4 (bagi 2)
ab – 3a = 2
💥Kunci Jawaban : D
💦Soal No.22
- (A) 0
- (B) 1
- (C) 2
- (D) 3
- (E) 4
Pembahasan
2a – b = 2c
2a – 2c = b
2 (a – c) = b
a – c = \(\frac{1}{2}\)b
a – c = 1
\(\frac{1}{2}\) b = 1
b = 2
💥Kunci Jawaban : C
💦Soal No.23
- (A) \(4t - 2u \le 25\)
- (B) \(4t - 2u \ge 25\)
- (C) \(4t - 2u \le 24\)
- (D) \(4t - 2u \ge 6\)
- (E) \(4t - 2u \le 6\)
Pembahasan
4 \( \ge \) 5 (kali 2)
2U \( \ge \) 10 (kali -1)
-2U \( \le \) -10 (tambah 4t)
4t – 2U \( \le \) -10 + 4t
4t – 2U \( \le \) -10 + 4t
4t – 2U \( \le \) -10 4 (4)
4t – 3U \( \le \) -10 16
4t – 2U \( \le \) 6
💥Kunci Jawaban : E
💦Soal No.24
- (A) p = 2
- (B) q = 2
- (C) pq = 12
- (D) p - q = 0
- (E) p + 2q = 16
Pembahasan
Ø Pq = 4q ( bagi q)
P =4
Ø P + q = 8
4 + q = 8
q = 8-4
q = 4
💥Kunci Jawaban : D
💦Soal No.25
- (A) \(\frac{a}{b} = 0\)
- (B) \(\frac{a}{b} < 0\)
- (C) \(\frac{a}{b} > 0\)
- (D) \(\frac{a}{b} \le 0\)
- (E) \(\frac{a}{b} \ge 0\)
Pembahasan
a > 0 berarti a adalah positif
b < 0 berarti b adalah negative
maka
\(\frac{a}{b} = \frac{{\left( + \right)}}{{\left( - \right)}} = \left( - \right)\)
Atau \(\frac{a}{b} < 0\)
💥Kunci Jawaban : B
💦Soal No.26
Pembahasan
- Masa tayang dimulai dari tanggal 1 Juli 2015
- Program yang berakhirpada 1 Agustus 2017 cara melihatnya dilihat dengan cara
ð Masa tayang = akhir program – dimulainyatayangan
= ( 1agustus 2017 ) – ( 1 juli 2015 )
= 0 II .08 . 2017 – 0 I .07 . 2015 = 00 .01 . 2
= 2 tahun . 1 bulan
Jadi program yang masa tayangnya 2 tahun 1 bulanadalah film special
💥Kunci Jawaban : A
💦Soal No.27
Pembahasan
Pabrik yang lebih cenderung memanfaatkan lulusan sekolah B adalah pabrik yang persentase lulusan sekolah B nya lebih banyak
- Pabrik tanah = \(\frac{6}{{5 + 6 + 5}} \times 100\% \)
= \(\frac{6}{{17}} \times 100\% \)
- Pabrik kayu = \(\frac{6}{{4 + 6 + 4}} \times 100\% \)
= \(\frac{6}{{14}} \times 100\% \)
💥Kunci Jawaban : D
💦Soal No.28
Pembahasan
Toko P = 16.000 + 12.000 = 28.000
Toko Q = 18.000 + 12.000 = 30.000
Toko R = 17.000 + 13.000 = 30.000
Toko S = 15.000 + 12.000 = 27.000
Toko T = 23.000 + 13.000 = 28.000
Yang sama Q dan R atau P dan T
💥Kunci Jawaban : D
💦Soal No.29
- (A) Bank A
- (B) Bank B
- (C) Bank C
- (D) Bank D
- (E) Bank E
Pembahasan
Total skor tiap bank adalah aspek penilaian dikali jumlah pegawai
Bank A = 2 (3) + 2 (9) + 1 (3) + 0 = 27
Bank B = 1 (3) + 2 (9) + 2 (3) + 1 (4) = 31
Bank C = 2(3) + 1(9) + 1(3) + 2(4) = 26
Bank D = 1(3) + 1 (9) + 2 (3) + 1 (4) + 22
Bnak E = 1(3) + 1 (9) + 2(3) + 2 (4) = 26
Yang paling besar skornya adalah bank B
💥Kunci Jawaban : B
💦Soal No.30
- (A) Espresso
- (B) Americano
- (C) Moccachino
- (D) Cafe Latte
- (E) Machiato
Pembahasan
Perhatikan table dibawah
Menu |
HargaJual (Diskon) |
Untung |
Ekspresso |
3.000 |
18.000 |
Americano |
1.000 |
18.000 |
Mochachino |
2.000 |
16.000 |
Coffee Latte |
2.000 |
20.000 |
Machiato |
0 |
12.000 |
Jadi yang tidak memberikan keuntungan adalah mochachino
💥Kunci Jawaban : E
💦Soal No.31
Pembahasan
Dari pasangan gambar di kanan:
- Dicerminkan
- Segiempat dirotasi dan mengecil
💥Kunci Jawaban : E
💦Soal No.33
Pembahasan
Dari pasangan gambar di kanan:
- Persegi panjang dirotasi
- Bulatan kecil di luar jadi masuk
- Titik sudutnya bertambah
💥Kunci Jawaban : B
💦Soal No.34
Pembahasan
Dari pasangan gambar di kiri
- Gambar yang besar segiempat diarsir diputar
- Bulatan kecil diarsit bertambah
- Bulatan yang bertambah kebalikan dari yang sebelumnya
💥Kunci Jawaban : A
💦Soal No.35
Pembahasan
Demi pasangan gambar di kanan:
- Dicerminkan
- Bulatan kecil diluar tetap dan masuk ke dalam
- Bagian atas yang diarsir menjadi kosong
💥Kunci Jawaban : C
💦Soal No.36
Pembahasan
Gambar ini memiliki pola:
- Tongkat panjang = diarsir - kosong - diarsir
- Tanda panah diputar ke kiri
💥Kunci Jawaban : D
💦Soal No.37
Pembahasan
Gambar ini memiliki pola:
- Tanda panah diputar kenanan
- 2 pasang gambar memiliki gambar kecil diatas lingkaran yang sama
💥Kunci Jawaban : A
💦Soal No.38
Pembahasan
Gambar ini memiliki pola:
- Lingkaran besar = tidak diarsir - diarsir - tidak diarsir
- Lingkaran kecil = diarsir - tidak diarsir - diarsir
- Segitiga berputar ke kanan
💥Kunci Jawaban : C
💦Soal No.39
Pembahasan
Gambar ini memiliki pola :
- Lingkaran kecil berputar ke kanan.
- Ujung gambar berbentuk segitiga berganti warna
- Gambar di ujung garis bergantian
💥Kunci Jawaban : C
💦Soal No.40
Pembahasan
Gambar ini mengikuti pola :
- Segitiga diarsir berputar posisinya dan bentuk gambarnya tetap.
- Gambar di ujung garis bergantian
💥Kunci Jawaban : C
💦Soal No.41
Pembahasan
Gambar ketiga di kanan adalah penggabungan 2 gambar di kirinya
💥Kunci Jawaban : B
💦Soal No.42
Pembahasan
Gambar ketiga di kanan adalah penggabungan 2 gambar di kirinya
💥Kunci Jawaban : B
💦Soal No.43
Pembahasan
Gambar ketiga di kanan adalah penggabungan 2 gambar di kirinya
💥Kunci Jawaban : C
💦Soal No.44
Pembahasan
Gambar di tengah diperoleh dengan menggabungkan gambar di kiri dan dikanan dalam 1 kotak
💥Kunci Jawaban : B
💦Soal No.45
Pembahasan
Gambar persegi diputar di dalam lingkaran.
Yang diarsir selalu bertambah
💥Kunci Jawaban : A
0 Response to "Soal dan Pembahasan Tes Potensi Akademik SBMPTN 2017 (Kode 226)"
Posting Komentar